Facebook Twitter Google RSS

7 Okt 2012

Google Chrome


"10 Hal tentang OS Google Chrome"


 
     Walaupun sudah ada kabar tentang ini tapi Gpp kan say posting lagi he hehehe .. . ..  
Ya . .  dari pihak Google sendiri,mereka telah merilis sebuah OS (Operating System) yang bernama . ..    jreng2x . .. . .  Google Chrome OS. 

     Dengan Kehadiran sistem operasi buatan Google ini . .  maka tentunya Dunia OS pun akan semakin ramai, Mungkin Kebanyakan dari kita akan bertanya -tanya . .  seperti apakah Google OS itu . . karena sebelumnya Google pun sudah mulai terjun ke sistem operasi smartphone dengan Google Androidnya.


     Tidak banyak informasi yang diberikan oleh Google pada sistem operasi Chrome di samping beberapa buatan sendiri umum seperti open source, akan diluncurkan pada tahun 2010 dan dirancang untuk netbook.

     Tapi bagi kita yang ingin tahu lebih banyak tentang sistem operasi Chrome Google adalah 10 hal yang perlu kita ketahui, yaitu:1. Apa sebenarnya sistem operasi Chrome itu?


Google membuat sistem operasi Chrome adalah upaya pertama Google untuk menciptakan sebuah sistem operasi untuk komputer. Didukung oleh Google Android telah sukses di platform mobile, serta browser Chrome dan Google tampaknya merasa bahwa sudah waktunya bagi mereka untuk membuat sebuah sistem operasi yang akan ditargetkan pada pengguna yang lebih cenderung menggunakan komputer untuk berselancar internet."Kecepatan, kesederhanaan dan keamanan merupakan aspek kunci dari Google Chrome buatan Sistem Operasi," menurut pernyataan dari Google. "Kami sedang merancang OS yang cepat dan ringan, start up dan mendapatkan Anda ke web."Antarmuka sengaja minim, dan sebagian besar dimaksudkan digunakan pada web."2. Ketika kita mulai untuk menggunakan Chrome OS?


Google mengatakan bahwa kode akan tersedia untuk para pengembang pada akhir tahun ini dan prediksi mereka bahwa pengguna dapat membeli Chrome OS netbook berbasis pada semester kedua tahun depan."Akhir tahun ini kami akan membuka source kode, dan netbook yang menggunakan Google Chrome OS dibuat akan tersedia untuk para pengguna pada semester kedua tahun 2010," kata Sundar Pichai, VP Manajemen Produk dan Linus Upson, Direktur Teknik di blog Google ."Karena kami sudah berbicara dengan mitra kami tentang proyek, dan dalam waktu dekat kami akan bekerja sama dengan komunitas open source, kami ingin berbagi visi kami sekarang sehingga semua orang akan mengerti apa yang kita coba capai."3. Jadi Microsoft tidak perlu khawatir bersaing dengan Windows 7 maka?Sebaliknya, Google membuat sistem operasi Chrome akan dapat bersaing dengan Windows 7 karena selain Windows 7 akan berjalan pada netbook, seperti peruntukan Chrome, Google juga memiliki kemampuan untuk mendanai cukup besar untuk bersaing dengan Microsoft.Saya merasa bahwa untuk pengguna masa depan akan menggunakan komputer mereka untuk keperluan di dunia maya sehingga mereka menemukan ide untuk meluncurkan sistem operasi Chrome.4. Dapat berjalan di komputer saya?


"Google membuat Chrome OS akan berjalan, baik chip x86 atau ARM di dan sekarang kami bekerja sama dengan OEM berbasis Chrome netbook yang sudah dapat tersedia di pasar tahun depan," kata Google.Kompatibilitas menjadi perhatian besar bagi Google, tetapi menggunakan sistem kernel Linux windowing, dan bekerja sama dengan mitra yang kuat, Chrome OS akan tersedia pada platform PC kebanyakan.5. Jika terintegrasi dengan web, apakah akan aman?Google pasti berpikir tentang hal itu. Keamanan adalah sangat penting dan masing-masing dari kita ingin komputer kita aman."... Seperti yang kita lakukan dengan browser Google Chrome, kita akan kembali ke dasar dan merancang ulang semua yang berhubungan dengan arsitektur keamanan dari sistem operasi sehingga pengguna tidak harus disibukkan dengan virus, malware dan update keamanan. Harus seperti itu, "kata Google.6. Semua dilakukan oleh Google?


No Google telah meminta komunitas open source untuk membantu mereka mengingat proyek ini dibangun di atas sifat terbuka dari kernel Linux."Kami masih harus menyelesaikan banyak hal, dan tentu saja kami akan membutuhkan bantuan dari komunitas open source untuk menyempurnakan visi ini."7. Lalu bagaimana itu bisa membuat lebih baik menggunakan komputer Anda?


Sistem operasi Chrome berfokus pada web dan Google berharap visi mereka dalam menelurkan Chrome akan berjalan dengan lancar."Kecepatan, kesederhanaan dan keamanan merupakan aspek kunci dari sistem operasi Chrome," kata Google. "Kami merancang sistem operasi yang cepat dan ringan, yang bisa start up dan kemudian membuka web dalam hitungan detik."Jadi apa fungsionalitas yang ditawarkan oleh Chrome?"Orang-orang ingin membuka email mereka langsung, tanpa menunggu komputer untuk boot dan menunggu membuka browser," kata Google."Mereka ingin komputer mereka secepat ketika mereka pertama kali membelinya. Mereka ingin data mereka bisa diakses di mana pun mereka berada dan tidak khawatir kehilangan komputer atau lupa untuk file backup."Dan yang lebih penting, mereka tidak ingin menghabiskan waktu mengkonfigurasi komputer mereka untuk bekerja dengan perangkat keras yang ada atau khawatir karena harus terus mengupdate software."8. Apa artinya ini untuk Android?


Didukung oleh sistem operasi Android Google untuk platform mobile, sementara Chrome dirancang untuk netbook."Sistem operasi yang dibuat oleh Google Chrome adalah sebuah proyek baru, terpisah dari Android." Menjelaskan Google."Android dirancang dari awal untuk bekerja di berbagai perangkat dari ponsel ke netbook."Google membuat sistem operasi Chrome dibuat untuk orang yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di web dan dirancang untuk daya komputer mulai dari netbook kecil untuk sistem desktop yang besar."Di masa depan mungkin ada bagian dimana sistem operasi yang dibuat oleh Google Chrome dan Android tumpang tindih, kami percaya pilihan akan membawa inovasi dan ada manfaat untuk semua orang, termasuk Google."9. Mengingat ini adalah tanda yang akan membunuh distribusi Linux seperti Ubuntu dan Fedora?Google membuat sendiri berbasis Linux sistem operasi dan tentu saja itu akan menjadi 'pesaing' untuk beberapa distro Linux besar seperti Ubuntu.Tapi di sisi lain dengan Chrome sebutan untuk netbook diyakini lebih lanjut akan meningkatkan pasar Linux untuk netbook.10. Berapa biayanya?Chrome berbasis Linux, open source dan tentu saja kemungkinan besar gratis. Dan itu kemungkinan Google juga akan mencoba untuk membuat uang dari dukungan perusahaan.


Abuhubez


Ahmad Saifudin adalah seorang mahasiswa yang kini baru menempuh studinya di salah satu universitas swasta di yogyakarta. Banyak sekali kekreatifitasnya yang sudah diakui oleh dirinya sendiri
Lihat Selengkapnya Disini →

© 2014 AbuHubez. WP Wildweblab converted by Bloggertheme9